Federer Tantang Djokovic di Final


WIMBLEDON - Roger Federer berhasil membalas pertemuan terakhir di final Wimbledon 2008 setelah mengalahkan pesaingnya, Rafael Nadal pada semifinal tunggal putra Grand Slam Wimbledon, Jumat (12/7/2019) waktu Inggris. Selanjutnya, ia menjadi penantang petenis nomor satu dunia Novak Djokovic.


Sebelas tahun yang lalu Nadal keluar sebagai yang teratas dalam final yang dianggap sebagai salah satu pertandingan terbaik yang pernah dimainkan. Peratrungan lima set kala itu berlangsung hampir lima jam. Tetapi dalam pertemuan Wimbledon pertama mereka sejak itu, Federer yang menang 7-6 (7-) 3) 1-6 6-3 6-4.

Juara delapan kali Wimbledon, Federer, yang berusia 38 tahun bulan depan, melakukan break-set pada set pertama. Raja lapangan tanah liat, Nadal, telah memenangkan pertemuan terakhir antara keduanya dalam dua set langsung di semifinal Prancis Terbuka tahun ini, tetapi lapangan rumput adalah favorit Federer, dan ia mematahkan servis petenis Spanyol itu lebih awal pada set ketiga dan keempat sebelum mengakhiri pertandingan dalam waktu tiga jam.

Federer meladeni permainan reli yang memang menjadi ciri khas Nadal. Federer memngambil break point pertama dalam permainan berikutnya tetapi Nadal sempat memenangkan beberapa reli. Set pertama harus dilalui Federer dengan tie break. Pada set kedua, saat 1-1, Federer tampaknya kehilangan arah hingga Nadal memimpin 4-1, dan malah mengunci set itu dengan 6-1.

Berikutnya, Federer kembali bangkit dan cemerlang mengalahkan Nadal di set ketiga. Nadal memulai set keempat dengan kesalahan  ganda dan kehilangan permainannya. Federer tampaknya memiliki kesempatan bagus. Dua match point sempat menjadi deuce. Tetapi Federer akhirnya menyelesaikan pekerjaannya dan maju ke final Wimbledon ke-12 di mana ia akan bertemu Djokovic, yang pernah
mengalahkannya pada 2014 dan 2015.

Djokovic dari Serbia berpeluang mempertahankan gelar setelah di semifinal menyudahi perlawanan petenis Spanyol lainnya, Bautista Agut 6-2 4-6 6-3 6-2. 

Komentar