Andalan Tuan Rumah Harus Balik ke Rumah



WIMBLEDON - Andalan publik Inggris, Kyle Edmund harus rela berikutnya menjadi penonton di nomor tunggal putra grand slam Wimbledon setelah kandas oleh Fernando Verdasco 6-4 6-4 6-7 (3-7) 3-6 4-6 di Centre Court, Rabu (4/7/2019) waktu Inggris.


Langkah buruk Edmund diikuti petenis Swiss pemegang tiga gelar grand slam, Stan Wawrinka. Stan Wawrinka menyerah secara mengejutkan pada pemuda Amerika Reilly Opelka. sedangkan sang juara bertahan Novak Djokovic masih bertahan. Denis Kudla membuat penonton Centre Court berpihak padanya setelah ia bermain cukup cemerlang, tetapi Djokovic akhirnya membuat pertandingan lebih mudah untuk menang 6-3 6-2 6-2.

Kevin Anderson (Afsel) juga  memperoleh hasil bagus setelah menang atas Janko Tipsarevic, dan petenis remaja Felix Auger-Aliassime (unggulan ke-19) menyisihkan Corentin Moutet, juga dalam empat set.

Unggulan kesepuluh Karen Khachanov mengatasi awal yang buruk untuk mengirim pulang juara Queen Feliciano Lopez 4-6 6-4 7-5 6-4, sementara Daniil Medvedev mengalahkan petenis kualifikasi Alexei Popyrin 6-7 (6-8) 6-1 6-4 6-4. Unggulan Milos Raonic, David Goffin, Roberto Bautista Agut dan Benoit Paire juga membukukan tempat mereka di babak tiga.

Petenis nomor satu dunia Djokovic memiliki empat match point melawan Kudla ketika pemain berusia 26 tahun itu bangkit untuk menekan petenis Serbia itu di jelang aklhir pertandingan. Namun, pengembalian bola Kudla yang menyangkut ke net mengakhiri perlawanan Kudla, dan Djokovic puas dengan penampilannya guna memburu gelar Wimbledon kelima.

"Saya senang dengan permainan saya secara keseluruhan. Ada beberapa momen dalam pertandingan ketika saya bisa melakukan lebih baik, tetapi itu adalah bagian dari kinerja yang solid secara keseluruhan. Kombinasi ambisi dan keberuntungan dalam karir saya di grand slam sangat baik. Saya hanya perlu memikirkan tantangan berikutnya dan mengambil langkah-langkah satu demi satu," ujar Djokovic.

Sebaliknya, hasil kurang menggembirakan bagi Inggris harus diemban Edmund. Ia sebenarnya memulai dengan baik di Centre Court, karena melewati dua set pertama 6-4 6-4, tetapi cedera lutut menggagalkan kinerjanya. Meskipun bermain setelah menerima perawatan, Edmund tidak bisa menahan laju Verdasco, yang berjuang untuk mengamankan kemenangan selama tiga jam dan 43 menit.

"Saya sedikit lelah. Tidak pernah mudah untuk mengalahkan pemain seperti Kyle," kata Verdasco kepada BBC Sport setelah kemenangannya. "Pertandingan itu cukup rumit di set pertama dan kedua, dan saya hanya berusaha untuk tetap berjuang di pertandingan itu. Bahkan jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan saya, tetapi ternyata saya bisa kembali perlahan poin demi poin," beber Verdasco.

Selain Edmund, Wawrinka juga menemui kenyataan pahit. Ia sejatinya mendapat rekor buruk sejak 2015 keluar lebih dulu di babak kedua setelah Opelka mengalahkannya 7-5 3-6 4-6 6-4 6-6 8-6.


Komentar