10 Parpol Duduki DPRD Banjar



MARTAPURA - Dari belasan kontestan Pemilu 2019 lalu, tercatat ada 10 parpol yang berhak menduduki DPRD Banjar, sebagaimana hasil penetapan kursi dan calon terpilih yang digelar dalam Rapat Pleno KPUD Banjar, yang dirilis, Selasa (23/7/2019).


Ke-10 parpol itu berdasar jumlah kursinya ialah Gerindra 8, Golkar 8, Nasdem 7, PPP 5, PKB 5, Demokrat 4, PAN 3, Berkarya 2, PDI-P 2, Hanura 1. Jika mulus, maka perkiraan kursi ketua dikuasai Gerindra yang kemungkinan besar mendudukkan ketuanya, Muhammad Rofiqi. Rofiqi yang mencalonkan diri di Banjar Dua, meraih kursi

terbanyak 4.583 suara. Berturut-turut kursi wakil ketua adalah Golkar kemungkinan dipercayakan kepada Agus Maulana yang di Dapil Banjar Lima yang meraup 5.991 suara. Adapun kursi wakil ketua lainnya kemungkinan diberikan kepada Nasdem.

Terakhir, PPP menempatkan seorang politisinya di wakil ketua DPRD Banjar, Zacky Hafizie seorang politisi senior. Keberadaan Zacky menurut sementara kalangan diperlukan menjadi penyeimbang, mengingat ketua diduduki seorang pemuda yang masih hijau dalam politik.

Diperkirakan, pelantikan anggota DPRD Banjar dilaksanakan September. Separuh anggota DPRD masih wajah lama, sementara separuh lagi diisi wajah baru.

Komentar