Wisata Air Terjun Panayar Salah Satu Andalan Banjar


MARTAPURA - Cukup banyak objek wisata yang terletak di Kabupaten Banjar dan sangat layak ditawarkan kepada warga yang ingin menikmati liburan akhir pekan. Salah satu objek wisata alam yang menarik adalah Air Terjun Panayar.


Ya, Air Tejun Panayar menurut Kadisbudpar Banjar Hari Rifani, terletak di Desa Artain, Kecamatan Aranio. "Air Terjun Panayar Desa Artain Kecamatan Aranio dari Kota Martapura berjarak lebih kurang 30 km. Jika ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat sekitar 30 menit. setelah itu dilanjutkan dengan memakai transportasi air perahu mesin atau kelotok kira-kira dua jam," jelasnya akhir pekan ini.

Tiba di Desa Artain perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dengan waktu empat jam. Perjalanan anda yang cukup melelahkan akan segera hilang seiring jatuhnya gemuruh air yang dimuntahkan dari ketinggian 12 meter. bentuknya laksana kipas terkembang, mengalir bening dan dingin diantara bebatuan alam disertai keindahan flora dan fauna.

Bagi Anda yang akan mengunjungi air terjun Panayar dari luar Kalimantan bisa memilih beberapa opsi menginap, bisa di kota terdekat seperti Martapura atau Banjarbaru. Selain itu, bisa di rumah warga di desa terdekat misalnya sebelum waduk Riam Kanan atau di Desa Artain, karena akan lebih baik jika Anda berwisata mulai pagi sehingga semua objek wisata di sekeliling Riam Kanan dapat Anda datangi.

Di kawasan hutan Pegunungan Meratus ini Anda dapat memilih untuk berkemah. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan, keamanan diri dan berhati-hati dalam menyalakan api. Beritahukan penduduk sekitar sebelum Anda memutuskan untuk bermalam dengan mendirikan tenda, mereka akan membantu terhadap hal-hal yang tidak Anda ketahui. Tempat ibadah tersedia di desa Artain bagi umat Islam, berupa surau dan masjid.


Komentar