Nadal Oke, Federer Dibuat Tak Berdaya


ROLAND GARROS - Meski sudah lama tidak menang melawan Roger Federer sejak Januari 2014 lalu, namun Rafael Nadal benar-benar menunjukkan bahwa dirinya pantas dijuluki Raja Tanah Liat. Ya, di semifinal yang baru saja selesai dimainkan, Jumat (7/6/2019) waktu Perancis,
Nadal secara meyakinkan menang 6-3 6-4 6-2 atas pesaing utamanya itu.

Dengan kemenangan ini, petenis Spanyol peringkat dua dunia ini berhak sebagai penantang antara unggulan utama Novak Djokovic (Serbia) atau Dominic Thiem (Austria).

Sampai saat ini antara Djokovic versus Thiem kedudukan 2-6 6-3 1-3.

Selain itu, kemenangan ini sekaligus menghentikan kemenangan enam kali berturut-turut Federer atas Nadal sejak 2015 lalu. Namun, kemenangan Federer atas Nadal di enam pertemuan memang berlangsung di lapangan keras, bukan favorit Nadal lapangan tanah liat.

Sebagaimana prediksi sejumlah pengamat, Federer bakal kesulitan menghadapi Nadal bila di lapangan tanah liat. Full power Nadal dalam memukul bola di lapangan tanah liat di mana pantulan bola lebvih lambat, sangat menguntungkan Nadal, dan sebaliknya, menyulitkan Federer.

Set pertama saja berlangsung relatif cukup mudah bagi Nadal, yang menyudahi set ini dengan skor 6-3. Federer seperti seolah-olah bangkit, pada set kedua, namun, keunggulan hingga game ke-7, ternyata tak mampu dipertahankan pemilik 20 gelar Grand Slam ini.

Begitu juga pada set ketiga, Federer seperti kehilangan sentuhan permainannya, hingga jauh tertinggal hingga 1-5. Meski Federer sempat mengambil game ke-7, namun, Nadal dengan cepat menutupnya dengan skor 6-2.

Berkat kemenangan ini, Nadal yang kini berusia 32 tahun menambah rekor kemenangannya menjadi 24 dan kalah 15 kali dari 39 kali pertemuannya melawan Federer yang lebih tua lima tahun usianya.

Komentar