Federer dan Nadal Bertemu di Semifinal


ROLAND GARROS - Raja tanah liat, Rafael Nadal akan bertemu Roger Federer dalam babak semifinal yang akan berlangsung Jumat ini, menyusul kemenangan masing-masing di babak perempatfinal di Roland Garros Perancis, Selasa (4/6/2019) waktu setempat.

Federer sukses mengalahkan kompatriotnya sesama Swiss, Stan Wawrinka dalam empat set, 7-6 4-6 7-6 6-4. Adapun petenis Spanyol Nadal menang mudah atas petenis Jepang, Kei Nishikori tiga set langsung 6-1 6-1 6-3.

Pertandingan sebenarnya sempat terganggu hujan lebih dari sejam. Namun, selepas itu, baik Federer maupun Nadal di lapangan yang berbeda, dengan cepat menyudahi pertandingan dengan kemenangan.

Selepas kalah dengan rekor 3-23 dengan Federer, Wawrinka justru lebih banyak mengundang tawa bagi reporter. Menurutnya, itu sebuah rekor yang sangat jauh. Wawrinka mengakui kalau ia sebenarnya sudah ke bentuk permainannya setelah cedera panjang 2017 lalu di bagian lutut. "Saya baik-baik saja, dan saya tidak istirahat begitu saja ketika cedera 2017," ucapnya ringan ketika ditanya apa ada kemungkinan istirahat.

Wawrinka bahkan berniat menonton pertandingan klasik antara Federer melawan Nadal, dua petenis yang saat ini teratas dalam mengumpulkan trofi Grand Slam, Federer 20 gelar dan Nadal 17. Nadal sangat fenomenal, karena 11 dari 17 titelnya ia raih di Roland Garros.

Federer sendiri balik ke tanah liat Roland Garros setelah terakhir bermaian 2015 lalu, memang sengaja ingin bertemu lagi dengan Nadal, namun sayangnya hal itu terjadi di partai semifinal bukan di partai puncak. "Jika saya kembali ke tanah liat, itu mungkin juga untuk bertemu Rafa. Dan tentu saja, jika Anda ingin juara di tanah liat, maka Anda mesti melalui Rafa terlebih dahulu," ujar Federer.

Namun, ketika dikonfirmasi ke Nadal, ia mengatakan bahwa Federer adalah petenis yang bagus bermain di semua permukaan, dan ia memiliki peluang untuk menang dan juara. "Jika ia kembali berarti ia sudah siap secara mental dan fisik, dan ia bermain bagus di permukaan mana saja," ucapnya.

Tiket semifinal lainnya masih akan diperebutkan pada pertandingan perempatfinal hari ini, yakni antara unggulan utama, Novak Djokovic melawan Alexander Zverev (5), kemudiana antara unggulan 4 Dominic Thiem versus Karen Khachanov (10).


Komentar