Bravo Nadal, Gelar ke-12 Roland Garros, atau Grand Slam ke-18


ROLAND GARROS - Minggu (9/6/2019) waktu Perancis, gelar Grand Slam tunggal putra Roland Garros diraih oleh petenis Spanyol Rafael Nadal (33) yang diunggulkan di tempat kedua. Ia secara meyakinkan menyudahi petenis Austria, Dominic Theim (25) unggulan keempat dengan skor 6-3 5-7 6-1 6-1.

Keberhasilan Nadal ini membuatnya sudah mengoleksi gelar tunggal putra Roland Garros yang ke-12 kalinya, atau gelar ke-18 Grand Slam. Ia masih tertinggal dua gelar ketimbang petenis Swiss Roger Federer yang sudah mengoleksi 20 gelar Grand Slam, atau berhasil unggul tiga gelar ketimbang Novak Djokovic (Serbia) yang punya 15 gelar Grand Slam.

Sementara Thiem kembali harus bersabar untuk bisa merebut gelar Grand Slam pertamanya, karena harus puas sebagai runner up untuk keduakalinya secara beruntun di Roland Garros sejak 2018.

 Set pertama, Nadal langsung tancap gas. Di sepanjang set ini Nadal praktis bermain apik tanpa membuat kesalahan yang berarti. Thiem tak mampu membendung dan set pertama disudahi Nadal dengan skor 6-3.

Memasuki set kedua, permainan mulai berimbang. Thiem beberapa kali berhasil merepotkan Nadal, kejar-kejaran skor terjadi, sampai kedudukan 5-5. Thiem kembali unggul 6-5. Permainan reli-reli panjang yang diperagakan Raja Tanah Liat versus Pangeran Tanah Liat benar-benar mampu membuat Court Philippe Chatrier bergemuruh.

Setelah terus memimpin di set kedua, Thiem pada game ke-12 mampu menunjukkan kehebatannya dengan membuat break. Servis Nadal patah, dan skor 7-5 untuk Thiem. Kedudukan menjadi imbang 1-1.

Di set keempat, Nadal seperti main kesetanan. Thiem entah kenapa seperti menemui antiklimaks setelah berjibaku pada set kedua sebelumnya. Nadal bahkan dengan cepat memimpin 4-0. Game ke-5, Thiem mengurangi jarak menjadi 1-4. Namun, Nadal kembali menjauh dengan 5-1. Bahkan ia mem-break servis Thiem sehingga merebut set ketiga dengan kedudukan 6-1. 2-1 untuk Nadal.

Situasi seperti berpihak pada Nadal, set keempat Nadal leading cepat dengan skor 3-0. Beberapa kali servis Thiem harus patah sementara Nadal tak membuat kesalahan berarti. Game keempat, Thiem mencoba bangkit dan menipiskan kedudukan menjadi 1-3. Tapi Nadal tidak ingin memberi angin, lalu ia kembali menjauh menjadi 4-1. Situasi mirip di set ke-3, Thiem tertinggal 1-5 setelah servisnya di-break Nadal.

Puncaknya, Nadal mengamankan servisnya untuk unggul 6-1 di set keempat atau 3-1 secara keseluruhan. Nadal juara, juara ke-12 Grand Slam Roland Garros. Selamat Nadal.


Komentar