Sosialisasi Pencegahan Aids dengan Jalan Santai


MARTAPURA - Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Banjar memperingati Hari HIV/Aids sedunia dengan jalan sehat dimulai dari Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Minggu (16/12).

"Mari kita hidup sehat, periksa dini HIV/Aids dan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)," kata Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama Wakil kedua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nir Gita Tyas Saidi Mansyur kepada para peserta jalan santai pada pukul 07.00 pagi. Rute yang dilewati yakni Jl A Yani-Jl perwira-Tanjung Rema dan kembali ke Alun-alun Ratu Zalecha Martapura .

Saidi Mansyur mengungkapkan edukasi kepada masyarakat mengenai HIV/Aids harus ditingkatkan. "Masyarakat harus tahu apa itu sebenarnya penyakit HIV/Aids, mengenai penularannya dan lainnya," jelas H Saidi Mansyur. Semakin dini ditemukan semain baik pengobatannya. "Kalau kita bisa mendeteksi dini, kita bisa mengobatinya dengan lebih baik lagi," imbuhnya.

Ratusan peserta dari wilayah Kabupaten Banjar sangat antusias mengikuti jalan sehat ini. "Untuk mencegah terkena HIV/Aids, tentu masyarakat harus paham apa sebenarnya HIV dan Aids itu. "Untuk ibu hamil kita juga lakukan pemeriksaan, ini dilakukan guna mencegah terjadinya penularan HIV/Aids," tambah Saidi.

HIV/Aids ini bisa menular melalui gonta-ganti pasangan, menggunakan jarum suntik bekas, penularan HIV dari ibu ke janinnya, transfusi darah dari orang yang terinfeksi virus HIV. "Kami harap masyarakat sadar akan hidup sehat," tutupnya. Acara dimeriahkan juga dengan pembagian hadiah usai jalan sehat. adi

Komentar