Bupati Harap Pemikiran Ulama Dahulu Digali


MARTAPURA - Bupati KH Khalilurrahman membuka Seminar Nasional dengan tema 'Peran Hukum Keluarga Islam Indonesia Sebagai Upaya Menuju Masyarakat Madani : Perspektif Ulama Klasik dalam Kitab Kuning' yang diselenggarakan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Darussalam Martapura, Rabu (12/12). Ia mengharap pemikiran ulama dahului terus digali untuk dimanfaatkan demi kemasalahatan masyarakat.



Seminar ini diikuti 350 peserta dari Fakultas Syariah Institut Agama Islam Darussalam Martapura dengan menghadirkan narasumber Dr KH Muhammad Roy Purwanto MA dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Juga hadir, perwakilan dari Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Rektor Institut Agama Islam Darussalam Martapura Prof Dr HA Hafiz Anshary AZ MA dan Wakil Rektor 2 Dr HM Quzwini MAg.

Bupati mengatakan, melihat tema seminar ini, menjadi sebuah pintu masuk bagi kita untuk melihat bagaimana pandangan ulama-ulama klasik tentang keluarga Islam Indonesia guna mewujudkan masyarakat madani. Guru Khalil sendiri berharap, dunia akademik sebagai lembaga pendidikan tinggi, harus mampu mengambil peranan dalam mengaktualisasikan konsep pemikiran guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan, di mana konsep tersebut salah satu bagian dari konsep mewujudkan masyarakat madani di segala tingkatan.

"Berkaitan dengan sudut pandang ulama klasik tentang konsep masyarakat madani, dunia akademik juga harus mampu menggali lebih dalam tentang pemikiran-pemikiran ulama-ulama terdahulu, khususnya yang bersumber dari ulama-ulama Ahlussunnah Waljamaah," ujarnya.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan guna membentengi generasi saat ini dan akan datang agar terhindar dari faham-faham yang dapat merusak moral dan akidah umat Islam serta bisa merusak keutuhan NKRI yang sudah terjaga ini. "Saya berharap seluruh peserta seminar nasional ini agar dapat menerapkan segala materi yang disampaikan narasumber," pungkasnya. adi

Komentar