Zverev Juara Baru ATP Finals


LONDON - Petenis muda Jerman berusia 21 tahun, Alexander Zverev menjadi juara baru di ajang ATP Finals 2018 di London, Minggu waktu setempat atau Senin dinihari waktu Indonesia.
 Ia menjungkalkan petenis Serbia, Novak Djokovic, juara lima kali ajang yang hanya kalah pamor dari grand slam ini dengan skor 6-4 dan 6-3.


Keberhasilan Zverev tentu saja bukan hal yang diharapkan oleh sebagian publik London yang kebetulan memang mengunggulkan Roger Federer untuk sekali lagi berhadapan dengan Djokovic di partai klasik. Terlepas dari itu, anak muda ini memang luar biasa, karena di final ia hanya membutuhkan satu jam 19 menit untuk mencatatkan namanya di trofi.

Menurut pengamat sebagaimana dirilis Telegraph, permainan Djokovic, juara grand slam 14 kali seolah anti klimaks, setelah tampil gemilang dalam penyisihan grup tanpa terkalahkan dan kehilangan satu set pun, ia justru seperti kehilangan sentuhannya kala di final. Ajang yang hanya menghadirkan delapan petenis putra terbaik dunia ini memang seperti membosankan dan melelahkan. Namun, itulah kompetisi, siapa yang lebih siap fisik dan mental, dialah yang jadi pemenang.

Djokovic usai 4-4 set pertama, seolah menurun, forehand andalannya seperti tak berkutik. Sebaliknya, Zverev yang praktis mengandalkan servis justru tampil efektif. Puncaknya, di set kedua, game ke-9, meski berusaha tampil menyerang, Djokovic tak mampu mengantisipasi sebuah backhand terobosan Zverev.

"Saya benar-benar tak percaya, dan sulit menggambarkan perasaan saya. Ini merupakan gelar terbesar dalam karir saya. Saya tentu berterima kasih kepada Novak yang juga menginspirasi dan mau berbagi gelar dengan saya. Meski bertanding dua kali dalam seminggu, saya juga berbicara banyak dengan Novak tentang banyak hal, dan tentunya saya tak perlu membeberkan di sini apa saja yang kami bicarakan," ujar pemuda yang akrab disapa Sascha ini tertawa.

Sementara itu, Novak Djokovic yang harus puas menjadi runner up mengucpakan selamat kepada Sascha. "Anda lebih baik bermain dibanding saya, dan gelar ini pantas Anda dapatkan. Saya berharap, Anda menjadi yang terbaik di masa depan yang masih panjang bagi Anda," kata Novak dengan sportif. adi

Komentar