TTG 20 Perlu Diserap Banjar

BALI - Bupati Banjar H Khalilurrahman menghadiri acara nasional Teknologi Tepat Guna ke-20 dan Pekan Inovasi (Pin) Kelurahan dan Desa di Garuda Wisnu Kencana, Bali, yang dibuka Presiden Jokowi, Jumat (19/10).

Guru Khalil mengatakan, Kabupaten Banjar mengirimkan juga delegasi bergabung dengan stan Kalsel. Uniknya, kerajinan batu akik, fukaha cukup menarik bagi daerah lain.

Namun, yang lebih penting, delegasi Banjar mesti cermat mencontoh teknologi dari daerah lain yang mungkin bisa saja diterapkan di daerah kita.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Banjar Aspihani menambahkan, TTG merupakan acara Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. "Kita ingin bertukar informasi, mencontoh sekaligus menerapkan teknologi yang ramah lingkungan serta sesuai dengan karakteristik desa kita," ujar Aspihani.

Menurut Aspihani, kerajinan dari Desa Cabi, Simpang Empat yang memanfaatkan eceng gondok untuk dibuat sendal, tas maupun perlengkapan lainnya juga sebagai contoh inovasi yang diharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. adi

Komentar