Jamban Apung Terus Ditertibkan


MARTAPURA - Bupati Banjar H Khalilurrahman konsisten gerakkan pembersihan Sungai Martapura dari jamban apung secara bertahap untuk menuju Kabupaten Banjar Sehat. Ia kembali melakukan pengangkatan jamban apung yang berada di bantaran Sungai Martapura, Rabu (24/10).


Kali ini pengangkatan jamban apung ini di Desa Tambak Anyar Ulu Kecamatan Martapura Timur. Pengangkatan jamban terapung sebanyak 13 buah ini dilakukan masyarakat disaksikan langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman dan Sekda Banjar Nasrun Syah, Camat Martapura Timur serta Pembakal Desa Tambak Anyar Ulu.

Bupati Banjar mengatakan bahwa semua semakin sadar bahwa kebiasaan masyarakat yang masih berprilaku buang air besar ke sungai, harus diubah secara bertahap. Kebiasaan yang kurang baik itu sangat berdampak buruk terhadap kesehatan. “Coba kita bayangkan tiap hari buang air besar di sungai, mandi, cuci piring dan baju menggunakan air sungai, bagaimana mau sehat,” katanya.

“Ingat, sungai itu bukan milik kita tetapi anugerah yang dititipkan Allah SWT yang harus kita syukuri. Untuk itu manfaatkan sungai dengan baik dan harus terus dijaga, agar terus bisa dinikmati oleh anak cucu kita di masa yang akan datang,” harapnya.

“Karena itu, saya sangat bersyukur diresmikannya kakus individual maupun komunal. Pengangkatan jamban terapung pada hari ini, tentunya ini upaya kita memelihara dan menyelamatkan ekosistem air dan kehidupan di dalam sungai serta menjaga lingkungan tetap bersih, dan berkualitas,” imbuhnya. adi

Komentar