Bupati Bangga Antusiasme Santri


MARTAPURA - Peringatan Hari Santri di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura Kabupaten Banjar Kalsel yang digelar semarak, ditutup Bupati Banjar H Khalilurrahman, Kamis (25/10) malam.

“Saya berharap kepada para santri agar yang menang tidak menjadi bangga, yang kalah jangan bersedih, karena ini merupakan ajang silaturahmi untuk memperingati hari santri,” ujar Guru Khalil. Bupati Banjar mengatakan bahwa peringatan Hari Santri diperingati di seluruh Indonesia dalam
rangka memperingati jasa kyai, para santri yang terlibat dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Banjar yang terkenal dengan sebutan serambi Mekkah dan kota santri yang mengusung tema “Bersama Santri, Damailah Negri”.

“Selamat dan sukses penyelenggaraan hari santri nasional tahun 2018 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar bekerjasama dengan PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjar. Banyak kegiatan yang bernuansa Islami yang telah dilaksanakan, yaitu pameran pondok pesantren se-Kabupaten Banjar, musabaqah qiroatil kutub, musabaqah khattil Quran, festival syair maulid, lomba pidato bahasa Arab, majelis khatmul Quran, kirab santri dan bakti sosial,” tukasnya.

“Dengan harapan melalui serangkaian kegiatan ini dapat melestarikan dan meningkatkan kreativitas, produktivitas, kualitas wawasan di bidang kesenian dan budaya Islam, terlebih utama kita semua dapat selalu menjaga jalinan silaturahmi,” imbuhnya.

Ketua Tanfidziah PC NU Kabupaten Banjar KH Syamsul Bahri Ardy mengatakan bahwa kegiatan hari santri ini sangat antusias diikuti oleh pondok pesantren. Di malam penutupan ini pula, diumumkan dan diserahkan hadiah bagi para pemenang berbagai lomba.

Pemenang lomba MTQ putera, juara satu Muhammad Rusyadi dari pondok Pesantren Mi’rojul Ulum Mandiangin, juara dua M Refani dari Manba’us Sa’adah Sei Alang, juara tiga Khotib dari Syafaat Iqdamul Ulum. Pemenang lomba MTQ puteri, juara 1 Rohani dari Ponpes Manba’us Sa’adah Sei Alang, juara 2 Ma’rifah dari Miftahul Shibyan, juara 3 Salkhah dari pondok Pesantren Darussalam Martapura.

Pemenang lomba festival maulid putera dari Pondok Pesantren Putra Tariqul Ma’arif Sei Tuan, juara 2 Ahbabul dari Ponpes Attahmidiyah Sungai Batang, juara 3 Raudathun Naim dari Ponpes Tahfizul Qur’an Al Karomah Martapura. adi

Komentar