Latih Tenaga Pemotong Hewan Kurban


MARTAPURA - Jelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan Penyelenggaraan Ibadah Kurban. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 60 peserta, mewakili masjid-musholla serta perwakilan dari desa desa  di kabupaten Banjar, pelatihan tersebut berlangsung di Islamic Center Mufti Tuan Guru Besar HM
Anang Djazouly Seman, Sabtu (18/08).


Dalam sambutannya Bupati Banjar H Khalilurrahman yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan H Masruri sekaligus membuka pelatihan Penyelenggaraan Ibadah Kurban, menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Banjar, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komisi Kaderisasi, Pendidikan dan Pembinaan Seni Budaya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar yang telah melaksanakan bimbingan pelatihan penyelenggaraan Ibadah Qurban di Kabupaten Banjar.

"Semoga melalui kegiatan ini, dapat menambah serta meningkatkan ilmu pengetahuan kita dalam melakukan penyembelihan hewan qurban secara tepat, bersih, sehat dan higienis sesuai syariat agama Islam," harapnya.

Pada pelatihan tersebut, disampaikan oleh Ketua Pelaksana kegiatan, H Safroyani menerangkan pelatihan ini bertujuan untuk melatih ilmu pengetahuan tentang cara penyembelihan dari sudut pandang agama atau metode penyembelihan menurut ilmu fiqih serta praktek agar apa yang dilakukan tidak salah ke depannya.

Selain itu menurutnya selama ini dalam pengamatan pihaknya, mungkin masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang penyelenggaraan hewan kurban, termasuk penyembelihannya. Sehingga permasalahan itupun dikatakan Safroyani menjadi alasan pelatihan digelar. adi

Komentar