Kelotok Sampah Atasi Sampah di Sungai Martapura



MARTAPURA - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Banjar secara resmi menerima bantuan hibah kelotok sampah dari PD Baramarta yang acara penyerahan dilaksanakan di halaman Kantor Setda Banjar, di Martapura, Senin (23/7). Selain itu, Dinas LH Banjar juga menerima bantuan motor roda tiga dari Bank Kalsel.



Atas bantuan yang secara simbolis diserahkan Wabup Banjar Saidi Mansyur itu, Dinas LH Banjar melalui kadis-nya, Boyke Wahyu Triestiyanto menyampaikan ucapan terima kasih. Menurutnya, bantuan kelotok sampah tersebut sangat berguna, untuk mengurangi sampah yang ada di Sungai Martapura. Begitu juga, motor roda tiga, juga diharap mampu menyokong mengatasi sampah yang ada di perkotaan.

"Saya berharap, bantuan baik berupa kelotok sampah, maupun motor tiga roda, dapat dimanfaatkan oleh dinas terkait untuk mengatasi masalah sampah di wilayah kita," harap Saidi.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjar, memang berniat mengadakan kapal/kelotok sampah yang digunakan untuk mengambil sampah di sepanjang Sungai Martapura di wilayah kabupaten itu. Kadis LH Banjar Boyke W Triestiyanto mengatakan, pihaknya sudah membuat desain kapal yang khusus mengambil sampah di sungai itu.

Sebagaimana diketahui, kapal khusus pengambil sampah di sepanjang Sungai Martapura diperlukan untuk membersihkan sungai dari berbagai jenis sampah yang hanyut dan mengotori sungai. Jumlah sampah yang hanyut dan terapung di sepanjang Sungai Martapura cukup banyak mencapai dua ton per hari sehingga diperlukan langkah dan teknik khusus menanganinya.

Meski sudah ada kelotok sampah, ia berharap, warga masyarakat yang berada di tepian Sungai Martapura dapat ikut memelihara kebersihan sungai dengan tidak mudah membuang sampah ke sungai. adi

Komentar