Sultan Banjar Pimpin FSKN

JAKARTA - Suatu kebanggaan bagi rakyat Banjar, setelah Sultan Banjar yakni Sultan H Khairul Saleh terpilih sebagai Ketua Umum Forum Keraton Nusantara (FSKN) pada acara di Swissbel Hotel, Jakarta, 5 April 2018.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan raja sultan yg berasal dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, serta peninjau dari Thailand dan India.

Sultan Banjar khairul saleh terpilih secara aklamasi untuk  masa bhakti 2018 - 2023. Sultan Banjar menggantikan ketua umum FSKN periode terdahulu Sinuhun Tedjowulan. Dalam sidang pleno yang berjalan lancar dan khidmat, Sultan Banjar dipilih oleh ratusan raja, sultan, datu, pelingdir, tumenggung dan tetuha adat se-nusantara.

Sultan Khairul melalui pidato singkatnya, bertekad untuk memajukan budaya nusantara melalui FSKN yang dipimpinnya bersama dengan raja sultan nusantara. Sultan juga akan berupaya merangkul para pihak yang mungkin selama ini berbeda.

Acara yang dihadiri penasihat FSKN  Dr KBA Mooryati Soedibjo, juga memilih Dr Nanik dari Universitas Tarumanegara Jakarta sebagai sekjen, yang nantinya berkedudukan di Jakarta.

Sultan Banjar terpilih karena memenuhi sejumlah kriteria yang digariskan oleh tata tertib pemilihan, diantaranya karena memiliki warisan kerajaan atau kesultanan, baik berupa benda maupun non benda. Sultan juga dianggap memiliki komitmen kebudayaan yang kuat dan kemampuan untuk memajukan FSKN ke depan, serta memajukan budaya dan identitas nusantara sesuai ciri khas masing-masing. Sultan Banjar juga memiliki kemampuan untuk menjalankan mitra dengan sesama kerajaan di kesultanan nusantara, dengan pemerintah pusat dan daerah, serta proaktif merangkul para sejarawan dan budayawan.

Umumnya raja sultan nusantara berharap banyak agar Sultan Banjar sebagai Ketua Umum FSKN ke depan, dapat membawa organisasi lebih maju lagi ke depan, sehingga budaya Indonesia akan semakin kuat dan mampu menghadapi tantangan budaya luar, sekaligus memperkuat NKRI yang berprinsip bhinneka tunggal ika. adi

Komentar