Rumah Kai Ucen Sudah Layak Huni



MARTAPURA - Muhammad Arsyad (65) alias Kai Ucen kini bisa tersenyum karena rumahnya benar-benar sudah bagus dan layak huni, setelah sebelumnya hanya berupa pondok 3 x 4 meter, dindingnya lapuk dan atap rumbianya banyak bocor. Ia terlihat riang ketika dijenguk wartawan bersama Camat Martapura Barat, Ahmad Rabani dan Sekdes Sei Rangas Hambuku, Nur Ipansyah.


Berkat kerjasama aparat desa, kecamatan, juga Danramil serta Polsek Martapura Barat, rumah kai Ucen yang memprihatinkan, dirombak total dan dibikinkan yang baru, berstruktur kayu ulin, atap seng dan dinding kalsiboard. "Alhamdulillah, sekarang ini rumah sudah lebih nyaman ketimbang sebelumnya. Dulu, tidur di lantai saja kurang nayaman karena tidak rata," ujarnya. Bahkan, penerangan rumah pun tiada. Tiap malam, Kai Ucen mesti memakai lilin. 

Menurut Kai Ucen yang sudah menduda, tiga tahun terakhir, ia tidak mampu merehab rumahnya, karena tidak memiliki uang yang cukup. Ia cuma seorang buruh tani. Memang sebelumnya ada sedikit masalah dengan kerabatnya, namun berkat pendekatan dari para tokoh, masalah bisa diatasi dan rumah bisa rehab.

Sebenarnya Kai Ucen punya dua anak, yakni Hendi effendi dan Misriawati. Namun, kedua anaknya bermukim di luar Martapura. Bahkan, Misriawati ikut suaminya ke Samarinda. "Berkat kerjasama semua pihak, termasuk juga Wabup Banjar (Saidi Mansyur), juga sebagian memakai dana desa, rehab rumah Kai Ucen bisa terlaksana dengan baik. Kami tentu berterima kasih kepada pihak-pihak yang ikut membantu, sehingga rumah Kai Ucen bisa layak huni," ujar Camat Rabani. Pihaknya juga melakukan hal serupa pada rumah warga dekat perbatasan dengan Astambul. adi

Komentar