Jamaah Haul ke-13 Guru Sekumpul Diharap Perhatikan Bagan Jalur Kedatangan



MARTAPURA - Guna ketertiban dan kelancaran arus kedatangan jamaah Haul ke-13 Syaikh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, maka panitia dan relawan telah membuat bagan jalur kedatangan jamaah. Hal ini diamksudkan guna menghindari kesemrawutan arus kendaraan yang membawa ratusan ribu jamaah.



Relawan, Abdel Rahman kepada pers mengatakan, ketimbang pelaksanaan haul sebelumnya, relawan bekerjasama dengan Polres Banjar dan Dishub Banjar berusaha merekayasa arus kedatangan kendaraan jamaah agar lebih rapi dan teratur. "Mulai malam Minggu atau Sabtu (24/3/2018) menjelang malam sudah tak diperbolehkan lagi kendaraan roda empat, memasuki area Sekumpul, mulai Simpang Empat Sekumpul, jembatan Tanjung Rema, dan Sekumpul Ujung. Dulu, ada titik-titik parkir di dalam kawasan Sekumpul. Nah, tahun ini, lokasi-lokasi itu kita butuhkan untuk shaf para jamaah. Praktis hanya Jl Pendidikan yang kita siapkan untuk jalur
evakuasi jika ada hal darurat," tuturnya.

Begitu juga untuk jalur khusus VVIP, bagi para ulama, habaib maupun pejabat pemerintahan disiapkan melalui Jl Pendidikan, tembus ke Jl Mawar dan Jl Purnama. "Pukul lima sore Minggu (25/3/2018) jalur itu diharap sudah klir," bebernya.

Ditambahkan Agus, relawan lainnya, jamaah yang datang dari arah Banjarmasin, Pelaihari, dan Kotabaru bisa memilih jalur sebagaimana sudah ditetapkan. "Jamaah bisa mengakses website www.arraudhah-sekumpul.com, di situ ada bagan jalur kedatangan," jelasnya.

Jamaah dari Kotabaru, Pelaihari dan Cempaka disarankan lewat Jl Mistar Cokrokusumo, belok kanan ke Kelapa Gading, Jl Jeruk dan terus ke jalan tol Sungai Ulin. Di sana akan dipandu relawan menempati lokasi parkir yang tersedia. Jamaah dari Banjarmasin yang melalui Jl A Yani terus ke Jl PM Noor, lalu Jl Budi Waluyo dan terus diarahkan ke lokasi parkir.

Bagi yang lewat Jl Panglima Batur Banjarbaru, menuju Jl Rahayu, ke Jl A Yani dan masuk ke Jl Menteri Empat menuju lokasi parkir di PPS Sekumpul. Sementara yang dari Sungai Tabuk, diarahkan ke Jl Kertak Baru, terus menuju Jl Albasia. Juga di Pekauman bisa ke Jl A Yani menuju lokasi parkir di CBS, Kompas, Sultan Adam dan sekitarnya.

Adapun yang dari Hulu Sungai, bisa langsung menuju Martapura melalui Pasar Papan, tembus P Abdurrahman. Selain itu, bisa juga melalui Jembatan Pingaran Ilir, Tambak Anyar Ulu, terus ke Bincau, hingga ke Indrasari menuju lokasi parkir. (Dicatat 21 Maret 2018)


Info Jadwal Kegiatan Haul Akbar ke-13 Abah Guru Sekumpul.

1. Hari Jumat (malam Sabtu) tanggal 23 Maret 2018
Ditujukan untuk undangan khusus bertempat
di rumah (samping Mushalla Ar Raudhah).
Waktu setelah sholat isya.

2. Hari Sabtu (malam Minggu) tanggal 24 Maret 2018
Ditujukan untuk umum bertempat di kubah.
Waktu setelah shalat Isya.

3. Hari Minggu (malam Senin) tanggal 25 Maret 2018
Ditujukan untuk umum bertempat di Mushalla Ar Raudhah
Waktu setelah shalat Maghrib.

Komentar