Habib Natsir Ba'bud

Di Makam Habib Natsir Ba'bud
Habib Natsir Ba'bud, menurut riwayat adalah seorang waliyullah majdzub asal Murung Pelabuhan, Martapura. Ia dikenal berkelakuan aneh, namun dipercaya mengandung berkah. Pernah ketika beliau hendak mengambil kue seorang pedagang kue, di pedagang malah mengusirnya.
Anehnya, kue-kue dagangan itu pun banyak yang basi dan seharian itu tak laku. Pernah juga ketika Habib Natsir meminta rokok sebatang dan dikasihkan dengan ikhlas oleh pedagang rokok, dan lantas seharian itu toko rokoknya ramai pembeli, sehingga pedagang beroleh keuntungan yang banyak.
Pengunjung atau pedagang di Pasar Martapura yang coba mengambil berkah dari beliau berlomba-lomba memberi uang. Namun, tidak semua yang dikasih mau ia ambil. Beliau hanya memilih sebagian kecil atau bahkan tak mengambil sama sekali.
Suatu waktu, pernah Habib Natsir sambil membuka baju dan memakai payung tiba-tiba berlari-lari kecil di tengah pasar sambil teriak," Panas, panas, panas..." Sejumlah orang di pasar mengangkap sinyal akan ada kebakaran. Tak beberapa lama, terjadi peristiwa kebakaran besar di Murung Pelabuhan dan Tunggul Irang pada Sya'ban 2004. Kebakaran itu meludeskan lebih dari 1.000 buah rumah dan menjadi kebakaran terbesar dan terparah di Kalsel. Beliau meninggal sekitar tahun 2011 dan dimakamkan di pemakaman umum Tanjung Rema, Martapura. Dari sejumlah sumber, fadilah ziarah ke makam Habib Natsir Ba'bud bisa memudahkan rezeki. Ini berkat kewalian beliau. Wallahu a'lam. (adi)

Komentar