Hari Minggu Ini Haul ke-12 Guru Sekumpul


MARTAPURA - Minggu (2/4) besok adalah hari yang dinanti-nanti sekitar 800.000 jamaah. Ya, besok adalah puncak acara Haul ke-12 Syaikh Zaini Ghani Al Banjari atau yang akrab disapa Guru Sekumpul. Kesibukan, sejak beberapa hari terakhir begitu kentara di kawasan Sekumpul, guna menyambut jamaah.Mobil para relawan untuk mengangkut alat tenda, atau memasak berseliweran di kawasan Sekumpul. Martapura begitu semarak, seolah-olah mengalahkan kemeriahan HUT Kemerdekaan RI. Umbul-umbul warna-warni di tepi jalan Kota Martapura begitu mencerahkan mata. Di Jl Pendidikan Martapura, salah satu dapur umum, relawan mulai bekerja menyiapkan kayu bakar, dan membersihkan alat memasak. Terlihat sejumlah anak-anak menonton puluhan sapi yang siap dipotong untuk pelengkap makanan haul.

Berdasar imbauan resmi dari panitia haul, jamaah yang menggunakan kendaraan dari luar Kota Martapura untuk memeriksa kondisi Kendaraan dan Kelengkapannya, serta mengisi full bahan bakar. Juga dianjutkan menyiapkan obat-oabatan yang diperlukan terlebih dahulu bagi jamaah yg memilik riwayat penyakit.

Bagi jamaah yang berhadir lebih awal diharuskan memarkir kendaraannya di tempat parkir yang sudah disediakan dan begitu juga bagi jamaah yang mempunyai keluarga di area Sekumpul dan sekitarnya. Kemudian, memasang tulisan/stiker pada kaca depan mobil asal daerah masing-masing atau tujuan pulang.

Selanjutnya, mematuhi arahan dan peraturan dari petugas haul seperti memarkir kendaraan di tempat yg sudah disediakan (jangan memarkir di sembarang tempat atau bahu jalan), mengikuti pola pengaturan lalu lintas arus masuk dan arus balik/ keluar Sekumpul yg sudah disepakati oleh panitia haul dengan instansi-instansi terkait.

Meminta tanda kartu parkir kepada petugas parkir haul dan diharapkan parkir di lokasi parkir yang telah ditetapkan petugas. Bagi jamaah yang datang berkelompok (berombongan) diharapkan menyimpan nomor telepon kordinatornya masing-masing maupun telepon sopir. Diharapkan kepada seluruh jamaah agar membuang sampah pada tempatnya yg sudah disediakan petugas, dan jangan membuang sampah sembarangan.

Diwajibkan untuk 1 jam pertama adalah bagi jamaah pejalan kaki dan sepeda dilanjutkan jam berikutnya bagi kendaraan roda dua dan untuk kendaraan roda empat setelah roda dua berkurang (situasional). Bagi jamaah yang datang dari arah Hulu Sungai dan Sungai Tabuk masuk parkir sebelah kanan Jl A Yani (Pusat Perbelanjaan Sekumpul/PPS, Menteri 4, Jl Abasia, Gedung Juang dan sekitarnya.

Apabila jamaah yg datang dari arah Banjarmasin yang melintas Jl A Yani menuju Sekumpul depan agar parkir di sebelah kanan Jl A Yani (sekitar Sekumpul Depan, Polres Banjar, Jl Perintis, Jl Perwira, Jl Kompek Antasari dan sekitarnya. Bagi jamaah yang pulang hari Senin dan ingin ziarah diwajibkan kendaraan tetap di lokasi parkir atau dilarang mendekati lokasi acara.

Bagi jamaah yg ingin mengetahui imbauan, pengumuman dari posko induk bisa mendengarkan lewat Radio Al Karomah Martapura, bagi pengguna jalan umum diharapkan menghindari Jalan Sekumpul dan sekitarnya untuk menghindari kemacetan. Dan bagi para pengendara diharapkan jangan mengendarai kendaraannya dalam keadaan mengantuk. Khusus untuk warga Martapura, Pemkab Banjar juga mengimbau tak usah memaksakan diri naik kendaraan, atau cukup berjalan kaki saja, untuk memberi kenyamaan pada tamu-
tamu jamaah dari luar Kota Martapura. adi

Komentar