Dewan Banjar Ikuti Jejak Dansil?


MARTAPURA - Apakah belasan anggota DPRD Banjar bakal mengikuti jejak koleganya di DPRD Banjarmasin dulu yang ramai-ramai masuk penjara karena terlibat korupsi?
Tahun ini Kejari Martapura bakal mendalami kasus perjalanan dinas fiktif yang diduga dilakukan belasan anggota DPRD Banjar.

Kajari Martapura Slamat Siswanta melalui Kasi Pidsus Budi Mukhlis mengatakan bahwa pihaknya akan menyelidiki kasus tersebut.
"Memang ada data dari LSM dan pulbaket rekan intel, namun ini masih sekitar lima persen pwmbuktian, sehingga akan kita dalami lagi," tukasnya.
Sementara Ketua LSM Pemantau Kinerja Aparatur Penegak Hukum Kalsel, Aliansyah mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan munculnya dugaan penyimpangan pada perjalanan dinas anggota dewan sepanjang 2015 dan 2016.
"Dugaan ini harus diusut tuntas, karena sudah melukai rasa keadilan masyarakat. Perjalanan dinas diduga diaimpangkan oleh 19 anggota dewan dengan cara mewakilkan kepada anak atau keluarga atau staf," tambahnya.
Menurut Ali, perjalanan dinas dewan yang hampir tiap pekan saja sudah melukai perasaan warga apalagi jika disimpangkan. Anggaran perjalanan dinas saja selama setahun mencapai 12 miliar, sementara manfaatnya tidak banyak dirasa.
"Ke depan agar masyarakat tahu apa yang dewan hasilkan atau kah memang bekerja atau apa yang bisa dihasilkan untuk kemajuan daerah, tiap kunker harus melibatkan wartawan biar bisa diekspos," ujarnya. Adi

Komentar