Ribuan Jamaah Padati Haul ke-4 Abah Anang


MARTAPURA - KH Muhammad Djazouly Fadhil C Seman bin H M Seman Kadir atau yang akrab disapa Abah Anang Djazouly, tentu masih lekat di hati masyarakat Banua, Kalimantan Selatan. Pada Sabtu (5/9) malam, pihak keluarga melaksanakan peringatan haul ke-4 beliau. Acara dipusatkan di lingkungan kubah makam beliau, Komplek Pangeran Antasari Martapura, mulai pukul 19.45 Wita.
Fauzan Asniah mewakili keluarga almarhum mengucapkan ribaun terima kasih atas partisipasi hadirin yang sukarela memenuhi undangan keluarga besar Abah Anang. "Mudah-mudahan kegiatan ini penuh berkah dan hadirin memperoleh pahala yang sebesar-besarnya dari Allah," ucap Fauzan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan haul pada malam hari ini, merupakan haul yang dilaksanakan oleh pihak keluarga. Melihat pelaksanaan tahun sebelumnya, kegiatan ini juga terbuka untuk umum, sehingga tentu akan dihadiri banyak jamaah. Terlebih, Abah Anang tidak hanya dikenal masyarakat Kalimantan Selatan, namun juga hingga ke luar daerah.

KH Muhammad Djazouly Fadhil C Seman atau Abah Anang, lahir di Martapura, 8 Desember 1936. Beliau merupakan putera Tuan Guru KH Seman Kadir dan cucu keturunan ke-5 ulama basar Kalimantan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, atau Datu Kalampayan.

Banyak hal menarik pada diri Abah Anang. Tanda-tanda kemampuan beliau di bidang agama, telah ditunjukannya sejak usia sangat dini. Ketika dalam pangkuan sembari disusui ibunda tercinta, di samping beliau ada sang kakak yang sedang mengaji. Tiba tiba beliau berucap membenarkan bacaan Alqur’an yang sedang dibaca kakaknya itu.

Dalam berguru agama, Abah Anang tidak saja sekolah ulama di Batavia, tetapi juga banyak belajar dari Habaib yang ada di Indonesia, diantaranya H Abdul Kadir, H Ismail Khatib, termasuk Habib Muhammad bin Ali al-Habsyi dan Habib Abdul Rahman al-Habsyi.


Hari Jum’at tanggal 14 Oktober 2011 sekitar pukul 10.00 pagi KH Anang Jazuli Seman yang kerap dipanggil Abah Anang dipanggil kehadirat Allah SWT pada usia 74 tahun. Ulama kharismatik ini tutup usia setelah beberapa waktu sering mengalami sakit mendadak dan sering dilarikan ke RS baik RSUD Ratu Zaleha maupun RSUD Ulin Banjarmasin.

Acara haul yang ke 4 ini ribuan jemaah berdatangan memenuhi makam ulama kharismatik KH Muhammad Djazouly Fadhil C Seman bin H M Seman Kadir yang akrab disapa Abah Anang. Haul ini dihadiri oleh para tuan guru, para alim ulama dan para habaib juga turut berhadir Penjabat Bupati Banjar Rachmadi Kurdi, para calon Bupati dan Wakil Bupati, seperti Guru Khalil, Pangeran Abidinsyah, juga Fauzan Saleh. Tidak ketinggalan juga mantan Bupati Banjar H Pangeran Khairul Saleh turun hadir dalam acara ini. Acara dirangkai dengan zikir dan diakhiri dengan doa bersama. adi

Komentar