Para Camat Mesti Majukan Wilayahnya


MARTAPURA - Bupati Banjar, H Khalilurrahman, menekankan para camat untuk berupaya secara maksimal memajukan wilayahnya masing-masing. Hal itu disampaikan pada Rakor Camat se-Kabupaten Banjar, di Aula Kantor Camat Cintapuri Darussalam, akhir pekan tadi.



"Semua itu dapat dilakukan dengan cara penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan SDA dan lingkungan secara berkelanjutan," jelas bupati Banjar.

Guru Khalil juga menyampaikan ada lima sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan. Pertama pelimpahan kewenangan sebagai urusan otonomi daerah khususnya urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dari Bupati kepada camat menjadi hal yang mutlak untuk dilaksanakan dalam rangka efektivitas dan efesiensi.

Kedua, Sebagai organisasi perangkat daerah yang berbasis kewilayahan, kecamatan sepantasnya diberikan peluang untuk menyusun usulan-usulan kegiatan teknis rasional dan berkonsekuensi pada pendanaan berbasis kinerja seperti yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah lainnya.

Ketiga, penguatan kelembagaan dan sumber daya manusia kecamatan harus dimaknai sebagai proses investasi kepemimpinan lokal jangka panjang untuk mendukung tugas pokok dan fungsi organisasi kecamatan sehingga camat akan menjadi makhluk sosial pembawa perubahan dan inovasi yang mampu mendeteksi kebuntuan masalah yang berkembang di wilayahnya dengan mencari solusinya.

Keempat, perlu dilakukan peningkatan manajemen pelayanan publik dan gagasan inovasi pelayanan publik wilayah kecamatan yang sepenuhnya dilakukan dalam rangka mendukung terciptanya pelayanan publik yang bermutu, efektif dan efisien.

Kelima, optimalisasi pelaksanaan urusan pemerintahan umum secara konkrit untuk diwujudkan. "Disinilah camat melaksanakan tugas negara dalam rangka menciptakan kondisi yang dinamis, aman, tertib dan sinergi antara berbagai elemen dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandasnya. adi

Komentar